Komitmen Terapkan Sistem Merit, KLHK Raih Penghargaan Meritokrasi

SIARAN PERS
Nomor: SP./HUMAS/PP/HMS.3/12/2021

Komitmen Terapkan Sistem Merit, KLHK Raih Penghargaan Meritokrasi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil raih Anugerah Meritokrasi berdasarkan penilaian dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KLHK mendapatkan penilaian kategori sangat baik dengan skor sebesar 335,5 poin.

Mewakili Menteri LHK, Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi, Prof. Winarni Monoarfa menerima penghargaan secara langsung di Surabaya (7/12/2021). Anugerah Meritokrasi yang diraih kali ini menunjukkan bahwa KLHK memenuhi komitmen untuk menerapkan sistem Merit dalam manajemen ASN-nya.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN), sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Dengan demikian, proses perekrutan, pomosi, mutasi, serta reward dan punishment lingkup KLHK telah dilakukan berdasarkan kinerja, kualifikasi keahlian, dan keadilan.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin dalam arahannya secara virtual menyampaikan bahwa sistem Merit akan mengakselerasi tercapainya transformasi ASN Indonesia, yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi.

Dengan jumlah ASN di Indonesia yang saat ini berjumlah lebih kurang 4,1 juta ASN, Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan bahwa ASN harus dapat melaksanakan 3 fungsi, yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan terhadap publik, dan juga sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Penerapan meritokrasi pada manajemen ASN, yang berbasis pada transparansi dan obyektivitas serta mengedepankan kompetensi, prestasi dan kinerja individu, penting untuk memastikan tercapainya tiga fungsi ASN tersebut," ungkap Wapres Ma'ruf Amin.

Terkait dengan penghargaan Meritokrasi ini, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi KLHK, Abdul Hakim menyampaikan bahwa KLHK berkomitmen penuh dalam penerapan merit system dalam manajemen ASN.

"Salah satu contoh implementasinya adalah saat pengisian jabatan pimpinan tinggi di KLHK, yang prosesnya dilakukan melalui mekanisme bidding dan seleksi ketat oleh panitian seleksi," terang Abdul Hakim.

Jakarta, KLHK 7 Desember 2021

Penanggung jawab berita:
Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK
Nunu Anugrah

Website:
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Youtube:
Kementerian LHK

Facebook:
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Instagram:
kementerianlhk

Twitter:
@kementerianlhk

Profil PNS (SIMPEG)
Pengumuman Terbaru
Statistik PNS PER ESELON I
SETJEN : 845
ITJEN : 197
PKTL : 1.315
KSDAE : 6.196
PDASRH : 1.524
PHL : 816
PPKL : 273
PSLB3 : 265
PPI : 476
PSKL : 337
GAKKUM : 1.178
BP2SDM : 829
BSI : 949
Total : 15.200
Data SIMPEG per 02 Agustus 2022 bersifat dinamis
Statistik Pengunjung
T O P

Hak Cipta © Biro Kepegawaian dan Organisasi All Rights Reserved.
Gedung Manggala Wanabakti Blok I Lantai 9 - Jalan Gatot Subroto Senayan 10270 - Jakarta Pusat
Telepon : 021 - 5730342 Fax : 021 - 5701116
Email : simpegklhk@gmail.com
Dikelola oleh Subbagian Data dan Informasi Kepegawaian, Biro Kepegawaian dan Organisasi